24 July 2016

Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri di Dunia Kerja

prospek kerja teknik industri

Prospek Kerja Teknik Industri di Tahun 2016 - Teknik Industri adalah jurusan yang mencakup bidang Teknik yang sangat luas,Teknik Industri adalah jurusan paling terkenal didunia teknik,tidak heran jika setiap akhir semester banyak yang memilih jurusan ini,jurusan teknik industri adalah jurusan yang termasuk paling banyak peminatnya,maka dari itu jika anda ingin mengambil jurusan kuliah teknik industri anda harus belajar lebih giat lagi.

Bagaiamanakah Prospek Kerja teknik Industri?

Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering muncul di pikiran kita bukan? dan kadang kita gak bisa tidur memikirkan apakah setelah lulus jurusan ini saya bisa sukses,apa kalau saya memilih jurusan yang lain saya bisa sukses,ini adalah masalah yang harus kita selesaikan dengan hati yang jernih dan matang-matang,karena ini demi masa depan kita,semua jurusan sebenarnya sama saja,tergantung niat dan kemauan kita yang kuat,oke mari kita kembali ke pembahasan sebelumnya tentang prospek kerja teknik industri.

Teknik industri mempelajari  banyak bidang yang dipelajari jurusan teknik lainnya,dimana pelaku bekerja pada bidang yang  berbeda dan mencari cara yang lebih efesien dan efektif.Namun jika jurusan teknik lainnya menerapkan pada wilayah yang spesifik,seperti teknik asitektur hanya membahas tentang tentang bangunan, Jurusan Teknik elektro hanya membahas tentang jaringan dan listrik,dan teknik kimia hanya membahas proses-proses tentang kimia teknik,Namun Teknik industri mencakup semuanya.Banyak Peran yang bisa didapat dari lulusan teknik industri,seperti perampingan ruang operasi,pemotongan jalur sistem,dan pemasaran secara global yang bertujuan supaya bisa efesiensi sumber daya dan menghemat modal.

Teknik industri dibagi menjadi 3 subbidang keahlian ,yaitu Manajemen industri,sistem manufaktur dan sistem industri dan tekno ekonomi,

1.Manajemen Industri 
Dalan bidang manajemen industri yang dibahas adalah tentang cara meningkatkan dan menciptakan nilai usaha melalui proses manajemen yang bertumpu melalui keunggulan sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan dunia yang keompetetif,Mata Kuliah yang dipelajari dalam bidang manajemen industri seperti,manajemen keuangan,manajemen inovasi,manajemen kualitas,manajemen sumber daya manusia,dan manajemen pemasaran.
Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Jurusan ilmu komunikasi di tahun 2016
2.Sistem Manufaktur
sedangkan sistem manufaktur adalah pembahasan tentang optimasi dan perencanaan sistem produksi dengan konsep dan metode kuantitatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas,kualitas.Bidang yang dipelajari sistem manufaktur seperti pemodelan sistem,perancangan tata letak pabrik,pengendalian produksi dan ergonomi.
Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan hubungan internasional
3.Sistem Industri dan Tekno Ekonomi
yang ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi,yang dibahas adalah tentang daya saing sistem integral yang terdiri atas bahan baku,tenaga kerja,energi,informasi,teknologi dan inrastruktur yang akan berinteraksi dengan masyarakat,pemerintah,komunitas bisnis dan pemerintah.Bidang yang dipelajari adalah sistem logistik,logika pemrograman,opertional research,statistika industri,dan sistem basis data.

Berikut Adalah Prospek Kerja Jurusan Teknik industri :

1.Divisi produksi
Teknik Produksi adalah hal yang paling penting dalam Teknik industri,karena lulusan Teknik industri akan bekerja menjadi penanggung jawab dalam optimalisasi rantai produksi dengan penghematan, lean thinking,dan eliminasi limbah buangan.divisi produksi sangat cocok untuk bekerja di perusahan industri manufaktur,dan anda juga bisa masuk kedalam bidang industri minyak dan gas,industri pertambangan dan lain-lain.dan anda juga bisa bekerja untuk industri makanan ataupun minuman.

2.Divisi Engineering
divisi ini sangat erat hubungannya dengan peralatan,mesin dan kelengkapan produksi,divisi ini biasanya lebih dominan diisi oleh electrical engineer atau mechanical engineer,Teknik industri juga membahas tentang Mesin.
Baca Juga : Prospek Kerja jurusan Desain Komunikasi Visual di tahun 2016
3.Divisi PPIC(Production Planning and inventory Control)
Divisi ini juga menjadi andalan dalam teknik industri,walupun bahasan dalam teknik ini hanya sebagian kecil,di perusahaan industri divisi ini hanya bisa diisi oleh lulusan teknik industri.

4.Divisi Maintenance (Pemeliharaan)
Divisi Maintenance kebanyakan diisi oleh insinyur mesin,Namun lulusan teknik industri juga sangat unggul dalam bidang sistem manajemen dan bidang teknik,maka dari itu lulusan teknik industri juga sangat dibutuhkan di divisi ini.
Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Manajemen di tahun 2016
5.Divisi HRD(Human Resource Development)
Divisi ini sering diisi oleh lulusan hukum,teknik industri dan yang bersifat psikologis,Industrial engineer sangat berhubungan dengan lokasi kerja,aktifitas lapangan,lantai produksi dan memudahkan dalam berinteraksi dengan pekerja lapangan dan lebih mengatahui metode kerja,produksi,dan alat-alat kerja.Kelebihan ini hampir tidak ada hubungannya dengan hukum dan psikologi,oleh karena itu industrial engineer sangat dibutuhkan di dalam divisi ini,
Baca Juga : Jurusan Kuliah dengan lapangan Kerja Paling Luas di tahun 2016
6.Divisi SCM (Supply Chain Management)
Lulusan teknik industri juga bisa masuk kedalam divisi ini,karena lulusan teknik industri diajarkan untuk berpikir secara sistematik dan integrasi,sehingga lebih mudah dalam memhami rincian dari awal hingga akhir,mulai dari bahan baku yang akan diproduksi maupun sampai produk nyampek ketangan konsumen.
Baca Juga : 10 jurusan dengan tingkat pengangguran tertinggi
7.Konsultan
lulusan teknik industri juga bisa bekerja menjadi seorang konsultan,karena industrial engineer memiliki kelebihan dalam berpikir sistematik dan integrasi yang dibutuhkan oleh seorang konsultan.

8.Wirausahawan
Memang pada umumnya menjadi seorang wirausahawan bisa dilakukan semua orang,Namun Kita harus bisa memiliki niat yang kuat,jiwa pembisnis dan penyabar,walaupun lulusan teknik industri sekalipun kalau tidak memiliki niat berbisnis akan susah berkembang,Lulusan Teknik industri diajarkan untuk merancang sebuah industri dan mengelolahnya,jadi kemampuan ini sangat cocok untuk bisa membuka sebuah bisnis.

9.Divisi Industri Perbankan
Prospek Kerja Teknik industri sangat lah luas pada industri manufaktur,dan sekarang lulusan teknik industri banyak bekerja di industri perbankan,dalam industri perbankan lulusan tenknik industri bisa mendapatkan posisi yang bagus,seperti Human Resource Development dan lain-lain.

Demikianlah Prospek kerja Teknik industri ditahun 2016,semoga dengan artikel ini bisa membantu anda,dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon