7 November 2016

Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi di Dunia Kerja

Negara Indonesia merupakan negara Agraris yang memiliki Lahan Pertanian yang sangat luas. Dengan luasnya lahan pertanian yang ada di indonesia, Tentu Prospek kerja Jurusan Agroteknologi juga sangatlah luas. Apalagi dengan perkembangan Zaman saat ini jumlah populasi manusia sangatlah tinggi, Semakin tinggi populasi manusia, maka semakin tinggi juga kebutuhan bahan pangan dan produk pertanian yang harus dipenuhi.



Dengan meningkatnya harga pangan dan kebutuhan masyarakat, sehingga ini kesempatan bagi anda para lulusan agroteknologi untuk menggunakan ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah untuk berwirausaha dengan membuat lahan pertanian yang minimalis, namun produktivitasnya tinggi dengan menerapkan teknologi yang sudah di pelajari.

Sebelum kita mengetahui apa saja prospek kerja jurusan Agroteknologi, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian Agroteknologi dan Apa saja yang akan di pelajari jika mengambil jurusan Agroteknologi.

Pengertian Agroteknologi

Agrotegnologi berasal dari kata Agro dan Teknologi, Agro adalah ilmu yang mempelajari gejala atau fenomena yang berkaitan dengan Pertanian baik itu praktek maupun teori dalam mengelolah tanah dan produksi tanaman. Sedangkan Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan sains dan perekayasaan. Jadi Kesimpulannya Agroteknologi adalah ilmu yang mempelajari gejala atau fenomena yang berkaitan dengan Pertanian baik itu praktek maupun teori dalam mengelolah tanah dan produksi tanaman dengan menggunakan sains dan perekayasaan teknologi.
Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Perkuliahan Jurusan Agroteknologi

Untuk Mata Kuliah yang ada di setiap universitas atau perguruan tinggi negeri mungkin berbeda-beda. Disini kami akan memberikan informasi tentang Mata Kuliah umum yang akan anda pelajari di perkuliahan Jurusan Agroteknologi: Teknologi Pascapanen, Toksikologi Lingkungan dan Produk Pertanian, Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman, Teknologi Perlindungan Tanaman, Bioteknologi Pertanian, Biometrik, Sosiologi Pertanian, Dasar Teknologi Perlindungan Tanaman, Mikrobiologi dan Bioteknologi Pertanian, Industri Perbenihan

Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Mungkin sebagian orang beranggapan kalau jurusan Agroteknologi tidak memiliki prospek kerja yang baik, Namun faktanya Lulusan Agroteknologi memiliki prospek kerja yang sangat luas. Berikut Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi : 

1. Bekerja di Sektor Pemerintahan 

Seorang Sarjana Lulusan Agroteknologi bisa bekerja di berbagai sektor pemerintah, dan di berbagai perusahaan-perusahaan besar. Profesi yang biasanya diduduki oleh sarjana lulusan Agroteknologi adalah, menjadi Birokrasi Pusat maupun daerah, Manager Farm, Perkebunan milik pemerintah, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional, Industri perbenihan,  industri pangan, pakan, Badan Koordinasi Survei, farmaka dan biodiesel, Penelitian dan pengembangan pemerintahan pusat.

2. Wirausahawan

Menjadi seorang Wirausahawan juga merupakan prospek kerja yang sangat bagus dan bisa berpenghasilan lebih dari pada bekerja di sektor pemerintah. Banyak usaha yang bisa anda buat dalam berbagai bidang :

  1. Pelaku atau Pengusaha bisnis pada komoditas perkebunan, hortikultura, pangan,dan kehutanan
  2. Pelaku atau Pengusaha bisnis pada bidang perbenihan, pestisida, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, pupuk dan sarana produksi pertanian.
  3. Menjual Produk Pertanian seperti pupuk, cangkok ataupun pembibitan tanaman bersekala industri, dan hasil penyambungan

Demikian lah prospek kerja Jurusan Agroteknologi, semoga info yang kami berikan ini bisa membantu anda dan memotivasi anda supaya lebih semangat lagi untuk mengembangkan pertanian dan kebutuhan pangan di Indonesia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon